Dukung Pemanfaatan Hasil Laut FKIK Semen Padang Gelar Master Chef

Penampilan peserta
Penampilan peserta "Master Chef, Seafood Culinary Exsploration (KLIKPOSITIF/Eko Fajri)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Forum Komunikasi Istri Karyawan (FKIK) PT Semen Padang, menggelar perlombaan memasak dengan tema "Master Chef, Seafood Culinary Exsploration" untuk meningkatkan peran ibu rumah tangga dalam memanfaatkan hasil laut.

Ketua Panitia Master Chef, Seafood Culinary Exsploration, Diah Ginario, di Indarung,  (3/5) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut hari Kartini, sekaligus memberikan penyadaran kepada ibu-ibu rumah tangga yang merupakan chef di rumah masing - masing, bahwa banyak hasil laut yang dapat dioleh dan memiliki nilai gizi tinggi.

"Dipilihnya masakan dengan bahan utama yang berasal dari laut untuk lomba memasak ini karen kami menyadari di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, memiliki hasil laut yang melimpah, dan dapat dimanfaatkan sebagai menu sehat bagi keluarga," kata Dian, disela- sela kegiatan tersebut, yang diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang.

Baca Juga

Ia menambahkan, dengan kegiatan ini, para istri juga dapat mengexsplorasi kemampuan mereka dalam membuat hidangan, yang akan dinilai oleh tiga orang dewan juri. Nanti akan dilihat bagaimana setiap peserta mampu untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada, untuk menghasilkan panganan yang tidak hanya bernilai gizi, namun juga enak untuk disantap.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut para peserta juga diberi pengetahuan bagaimana membuat masakan yang baik, mulai dari tekstrur, rasa, hingga penyajian, oleh chef Murizal.

Pemanfaatan hasil laut yang diperlombakan tersebut terdiri dari tiga kategori, yakni untuk hasil laut berupa Udang, cumi, dan ikan.

"Masing-masing kategori akan dipilih satu tim terbaik, dan juga akan ada satu tim favorit dari tiga kategori yang diperlombakan," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, Ketua Dewan Juri Master Chef, Seafood Culinary Exsploration, Muzrizal, mengatakan, dalam lomba ini akan ada beberapa kriteria yang dinilai.

"Tiga kriteria yang akan kita nilai yakni pemakaian bahan, tekstur atau rasa, kerapian, penyajian, hingga kekompakan. Masing-masingnya akan memiliki poin yang akan digabung, sehingga didapatkan nanti siapa jura pada setiap kategori," katanya.

Ia menambahkan, setiap kelompok yang tampil akan diberikan waktu satu jam, mulai dari mengambil bahan, hingga penyajian. (*)

Editor: Eko Fajri