Didukung Semen Padang dan Forum Nagari, Petani Batu Gadang Panen Perdana Padi Organik

"Hasilnya memang sama, namun menggunakan pupuk organik bulir padinya lebih padat dan malai lebih kuat, sehingga tidak mudah patah"

PADANG, KLIKPOSITIF – Petani Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, melakukan panen perdana padi menggunakan pupuk organik, Kamis, 1 Maret 2018.

Kesuksesan panen padi yang didukung Forum Nagari Batu Gadang dan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang itu, akan diikuti dengan rencana penanaman padi menggunakan pupuk organik di atas lahan seluas 30 hektare.

Pada panen perdana itu, penanaman padi organik ini di atas lahan seluas 2500 meter persegi dengan pemilik lahan, Tresnawati (40). Hasilnya adalah, sebanyak 9 karung karung padi (ukuran karung 50 kilogram).

Pemilik sawah, Tresnawati (40), mengakui banyak keuntungan menggunakan pupuk organik ketimbang pupuk kimia.

“Hasilnya memang sama, namun menggunakan pupuk organik bulir padinya lebih padat dan malai (bunga padi yang keluar dari buku paling atas) lebih kuat, sehingga tidak mudah patah," kata Tresnawati .

Ia menambahkan, masa panen padi organik juga lebih cepat 10 hari dibandingkan menggunakan pupuk kimia karena menggunakan pupuk organik waktu yang dihabiskan mulai dari menanam hingga panen selama 110 hari.

Kalau menggunakan pupuk kimia akan memakan waktu hingga 120 hari. Penggunaan pupuk kimia berdampak pada lingkungan, karena menimbulkan residu kimia pada tanah.

Ketua Forum Nagari Batu Gadang Dirmansyah mengatakan, menggunakan pupuk organik juga dapat menekan biaya produksi. Kalau pakai pupuk kimia, biaya produksinya cukup besar, karena pupuknya dibeli dengan harga Rp250 ribu per karung. Sedangkan pupuk organik seperti P20 dan pupuk organik cair yang digunakan, itu mudah didapatkan.

Panen padi perdana ini, lanjutnya, merupakan kerjasama Forum Nagari Batu Gadang dengan CSR Semen Padang, karena semua kebutuhan pupuk organik untuk padi, disediakan CSR dan Forum Nagari Batu Gadang.

Seperti pupuk P2O misalnya, biaya pembeliannya ditanggung oleh CSR Semen Padang. Sedangkan pupuk ... Baca halaman selanjutnya