Dibantu UPZ Baznas Semen Padang, Pernikahan 610 Pasangan di Mentawai Dilegalkan

"Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di tiga lokasi di Mentawai, yaitu di Siberut Selatan, Siberut Barat dan Sikakap"
(Riki S)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang kembali menggelar Sidang Itsbat Nikah Massal Terpadu di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumbar.

Bekerjasama dengan Pengadailan Agama Pdang Klas IA dan Kementerian Agama Mentawai, Sidang Istbat Jilid IV itu diikuti 140 pasangan suami-istri yang berasal dari keluarga kurang mampu di daerah tersebut.

Ketua Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan, Sidang Istbat Nikah ini merupakan bagian dari program Dakwah dan Advokasi yang ada di UPZ Baznas Semen Padang.

"Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di tiga lokasi di Mentawai, yaitu di Siberut Selatan, Siberut Barat dan Sikakap," kata Muhammad Arif usai penutupan Sidang Itsbat Jilid IV di KUA Sipora Utara, Jumat, 21 Desember 2018.

Sidang Itsbat Jilid IV yang digelar sejak Rabu kemarin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sipora Utara itu, dibuka Ketua Pengadilan Agama Klas IA Padang, M. Nasrul K, dan turut dihadiri perwakilan dari Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian, juga hadir Ketua Lembaga Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol, Ulfatmi Amirsyah, dan perwakilan Dewan Dakwah Inonesia (DDI) wilayah Sumbar.

Arif menyebut, sidang itsbat nikah ini digelar di Mentawai, karena di "Tanah Sikerei" ini masih banyak terdapat pasangan suami-istri yang menikah secara siri. Dan tentunya, anak-anak hasil dari pernikahan siri itu akhirnya berstatus sebagai anak seorang ibu dan bukan anak seorang ayah.

Bahkan akibat pernikahan siri tersebut, pasangan suami-istri itu beserta anak-anaknya menjadi termarginalkan, karena tidak mendapatkan haknya sebagai warga Negara Indonesia. Sebab, mereka tidak memiliki KTP, Kartu Keluarga (KK) dan catatan sipil.

"Mereka tidak bisa mendapatkan KTP, KK dan catatan sipil, karena mereka tidak ada buku nikah. Padahal, buku ... Baca halaman selanjutnya