Semen Padang Gelar Workshop HSE Eksekutif

"Selama tiga tahun terakhir (2016-2018) dapat dilihat bahwa tingkat kecelakaan kerja di Semen Padang mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan mulai meningkatnya kesadaran mengenai K3 di lingkungan kerja"
Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri, foto bersama dengan pejabat Eselon 1 di lingkungan PT Semen Padang (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Guna menyamakan persepsi dan komitmen khususnya bagi manajemen, tentang pentingnya implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan, PT Semen Padang menggelar pelatihan Health Safety Environment (HSE) Executive Leadership Project.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri dalam sambutannya pada pembukaan workshop, Kamis (27/12), mengingatkan, isu K3 merupakan hal yang harus diperhatikan, baik oleh karyawan ataupun perusahaan/pemberi kerja. Pentingnya perhatian pada K3 mendukung terwujudnya keberlangsungan perusahaan yang aman dan nyaman, juga karyawan yang terjamin keselamatan dan kesehatannya dalam melakukan pekerjaan.

Menurut data BPJS Ketenagakerjaan, tahun 2012 baru sekitar 2,1 % dari 15.000 perusahaan besar yang menerapkan Sistem Manajemen K3. Semen Padang sendiri telah menerapkan implementasi Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen Lingkungan dan Keamanan melalui ISO 9001:2015, 14001:2015, dan OHSAS 18001. Awareness terhadap sistem manajemen K3 sendiri telah dilakukan kepada karyawan di Semen Padang.

"Selama tiga tahun terakhir (2016-2018) dapat dilihat bahwa tingkat kecelakaan kerja di Semen Padang mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan mulai meningkatnya kesadaran mengenai K3 di lingkungan kerja, pengawasan yang ketat melalui safety patrol, dan beberapa refreshment mengenai K3 yang dilaksanakan Departemen SDM dan Biro HSE," kata Yosviandri pada acara yang dihadiri Direktur Operasional, Firdaus, dan Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto.

Workshop HSE bagi eksekutif oleh Direksi dan Eselon 1 PT Semen Padang itu menghadirkan dua narasumber yakni Broto Suryono dan Arindra Irtonugroho dari PT PGAS Solution. PT PGAS Solution ditunjuk sebagai partner karena mempunyai unit Layanan HSE yang telah memenuhi syarat sebagai Perusahaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja(PJK3). Kegiatan ini didahului dengan interview untuk mendapatkan gambaran mengenai budaya ... Baca halaman selanjutnya