Tingkatkan Kapasitas Relawan, TRC Semen Padang Gelar Pelatihan Evakuasi P2GD

Kabiro Komunikasi dan Umum Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengecek perlengkapan TRC Semen Padang di sela-sela Apel Akbar dan Penguatan Kapasitas relawan TRC di Sungai Pinang, Rabu (26/12/2018)
Kabiro Komunikasi dan Umum Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengecek perlengkapan TRC Semen Padang di sela-sela Apel Akbar dan Penguatan Kapasitas relawan TRC di Sungai Pinang, Rabu (26/12/2018) (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan kapasitas kemampuan rescue, serta tindakan evakuasi Pertolongan Pertama dan Gawat Darurat (P2GD), relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang menggelar kegiatan Apel Akbar dan Penguatan Kapasitas di Sungai Pinang, Kabupaten Pessel, Sumbar.

Kepala Biro Komunikasi dan Umum PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, pelatihan yang digelar selama tiga hari, 26-28 Desember itu diikuti  32 relawan  TRC Semen Padang . Pada kegiatan tersebut, TRC Semen Padang juga menghadirkan perwakilan dari PMI Provinsi Sumbar sebagai pemateri untuk pelatihan evakuasi P2GD.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Anita menyebutkan, kegiatan Apel Akbar dan Penguatan Kapasitas ini dilakukan, bertujuan untuk me-refresh kembali kapasitas dan meningkatkan kemampuan relawan, khususnya di bidang rescue dan evakuasi P2GD.

Bahkan melalui kegiatan ini, para relawan yang mendapatkan pelatihan evakuasi P2GD juga akan diberikan sertifikasi oleh PMI . Dan tentunya, dengan adanya sertifikasi tersebut, akan menambah jumlah relawan TRC Semen Padang yang bersertifikasi.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Saat ini di TRC Semen Padang terdapat sebanyak 12 relawan yang telah memiliki sertifikasi,  di bidang vertical rescue. Kalau untuk P2GD belum ada, tapi setelah pelatihan evakuasi P2GD ini, dipastikan akan ada yang memiliki sertifikasi.

Secara terpisah, Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan, tahun depan TRC semen Padang menargetkan ada tiga program sertifikasi yang diikuti oleh relawan TRC, yaitu sertifikasi water rescue, medis level lanjut dan manajemen posko. "Tiga program sertifikasi ini menjadi fokus kita tahun depan," ujarnya.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Terkait dengan Apel Akbar dan Penguatan Kapasitas, Kiki menyebut bahwa kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silahturahmi bagi relawan dan manajemen TRC Semen Padang , termasuk perusahaan.

Kemudian melalui kegiatan ini, TRC Semen Padang juga dapat menginventarisir perlatan dan perlengkapan rescue, serta manajemen posko. "Kalau ada yang kurang kita lengkapi, supaya kesiapan kita bisa menjadi lebih matang lagi," bebernya.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

Di tahun depan, kata Kiki,  TRC Semen Padang berencana akan ambil bagian dalam program edukasi untuk masyarakat dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di 19 kabupaten kota di Sumbar melalui kerjasama dengan BPBD.

"Untuk teknisnya, tergantung BPBD. Yang jelas, kami siap untuk menjadi fasilitator program edukasi untuk masyartakat dan KSB di daerah, mengingat Sumbar sendiri merupakan kawasan rawan bencana," tuturnya.(*)

Penulis: Riki S