Dua Packer Indarung VI Mulai Beroperasi, Pendistribusian Semen ke Pelanggan Semakin Cepat

"Pembangunan packer ini dilaksanakan untuk mendukung pasokan semen di wilayah Sumatera bagian tengah"
Packer Indarung VI dipotret dari udara (Humas PT Semen Padang)

KLIKPOSITIF -- Dua packer proyek Indarung VI yang sudah rampung pengerjaannya pada Maret 2016 kemarin, akhirnya sudah dapat digunakan oleh pabrik eksisting, yakni pabrik Indarung IV dan V. 

Senior Manager Cement Silo, PPI, dan PPTB Fidel Bestri mengatakan, kedua packer baru berkapasitas 120 ton per jam itu, dilengkapi dengan bag placer serta bag reject.

"Pembangunan packer ini dilaksanakan untuk mendukung pasokan semen di wilayah Sumatera bagian tengah," kata Senior Manager Cement Silo, PPI, dan PPTB Fidel Bestri kepada kepada KLIKPOSITIF, Kamis, 7 April 2016.

Sementara itu, Kepala Departemen Penjualan Benas Azhari, menyebut bahwa dua packer yang sudah dapat digunakan ini, akan sangat membantu pihaknya dalam layanan Semen Padang ke konsumen, karena mempersingkat waktu pendistribusi semen ke tangan pelanggan. 

"Semen bag hasil packer ini, akan dioptimalkan keseluruh daratan Sumbar- Riau- Bengkulu. Selain itu, semen bag dari packer ini juga dapat mengoptimalkan pasar ekspor semen bag," katanya. 

Market share meningkat

Di samping mengoptimalkan pasar ekspor, tahun 2017 mendatang Semen Padang akan meningkatkan market shere, seiring dengan beroperasinya pabrik Indarung VI yang ditargetkan pada awal tahun mendatang.

"Saat ini market share Semen Padang secara nasional adalah 10,23 persen dan Sumatera 42,12 persen. Jika pabrik Indarung VI sudah beroperasi, maka market share ditargetkan menjadi 11,12 persen untuk nasional dan 45,58 persen untuk Sumatera," ujar Benas. 

Selain target nasional, kata Benas menambahkan, target ekspor juga akan ditingkatkan pada 2017 mendatang, yaitu dari 500 ribu ton menjadi 1.000.000 ton pertahun. 

"Tapi semua itu, tergantung dari rencana grup, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk yang diinformasikan akan mendiringkan trading company untuk menggarap pasar ekspor," ... Baca halaman selanjutnya