Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Forum Nagari Banda Buek Gelar Pekan Kreativitas

Salah seorang warga Banda Buek mendapatkan hadiah utama doorprize jalan santai Pekan Kreativitas yang digelar Forum Nagari Banda Buek
Salah seorang warga Banda Buek mendapatkan hadiah utama doorprize jalan santai Pekan Kreativitas yang digelar Forum Nagari Banda Buek (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun, Forum Nagari Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, menggelar Pekan Kreativitas di Ex PT Sumatek Subur, Jalan Rimbo Datar, Kelurahan Banda Buek, Minggu, 27 Oktober 2019.

Didukung oleh PT Semen Padang , pembukaan Pekan Kreativitas bertema "Dengan Semangat Sumpah Pemuda ke 91 Kita Wujudkan Masyarakat yang Madani, Kreatif, Berdaya Saing dan Berbudaya Menuju Banda Buek yang Sejahtera" itu, ditandai dengan pelepasan balon berhadiah 30 sak semen.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Pelepasan balon berhadiah semen dari PT Semen Padang tersebut, dilakukan oleh Lurah Banda Buek Sri Utami dan Kepala Bidang Bina Lingkungan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang Maskur Rauf. Acara Pekan Kreativitas itu, juga dimeriahkan oleh hiburan berupa orgen tunggal.

Ketua Panitia Pekan Kreativitas Halim K mengatakan, ada sejumlah rangkaian yang digelar dalam kegiatan Pekan Kreativitas di Kelurahan Banda Buek ini. Diantaranya, jalan sehat yang diikuti sekitar 1500 warga, lomba senam antar RW dan lomba mewarnai antar TK se-Banda Buek.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Untuk jalan santai, kata Halim melanjutkan, dimulai dari depan PT AMI dan finish di ex PT Sumatek Subur. Dan kegiatan jalan santai ini, juga dimeriahkan dengan doorprize dengan hadiahbutama sepeda. Kemudian, juga ada hadiah menarik lainnya seperti kipas angin, dispenser, blender, handphone, dan setrika.

Selain itu, juga ada kegiatan pasar murah dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar. Pada pasar murah tersebut, Dinas Pangan menyediakan sembako berupa beras, minyak goreng, cabe, telur, gula, bawang, dan tepung. "Harga daei masing-masing sembako yang dijual 15 persen di bawah harga pasar," katanya.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Ketua Forum Nagari Banda Buek Dahrulsyah mengatakan bahwa Pekan Kreativitas ini merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) CSR PT Semen Padang yang dilaksanakan oleh Forum Nagari Banda Buek atas usulan masyarakat Banda Buek melakui Musyawarah Kito (Muskito) tahun 2018.

Selain didukung PT Semen Padang , kegiatan Pekan Kreativitas ini juga disponsori oleh Ane Motor, Sasuai Cell, Jamu Dua Singa, Esper C, Renovit, Indomilk, dan Mie Sedap. Kegiatan Pekan Kreativitas ini, sebutnya, selain digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga bertujuan untuk menyatukan masyarakat Banda Buek.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

"Kegiatan Pekan Kreativitas ini merupakan kali pertama diselenggarakan. Kemungkinan kegiatan ini akan dijadikan sebagai agenda rutin Forum Nagari Banda Buek, karena kegiatan ini secara tidak langsung dapat menyatukan masyarakat. Namun konsepnya, tentu disesuaikan dengan keinginan masyarakat," ujarnya.

Sementata itu, Lurah Banda Buek Sri Utami mengapresiasi Forum Nagari Banda Buek dan PT Semen Padang , khususnya CSR perusahaan yang telah bersinergi menggelar kegiatan Pekan Kreativitas ini, apalagi kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pasar murah yang tentunya, memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Pasar murah yang digelar pada kegiatan Pekan Kreativitas ini menurut saya sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah kondisi kebutuhan pokok semakin mahal. Untuk itu sebagai Lurah, tentunya saya mendukung Pekan Kreativitas ini dijadikan agenda rutin forum," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang Masykur Rauf. Legenda Semen Padang FC berdarah Bugis yang bekerja sebagai karyawan PT Semen Padang itu juga mengapresiasi Forum Nagari Banda Buek yang telah melaksanakan Pekan Kreativitas dengan mengandeng sejumlah pihak.

"Kegiatan-kegiatan yang ada Pekan Kreativitas ini berlangaung meriah, dan itu ditandai dengan antusiasnya masyarakat Banda Buek mengikuti kegiatan ini. Untuk itu, saya mewakili manajemen Semen Padang , mengapresiasi Forum Nagari Banda Buek yang telah melaksanakan Pekan Kreativitas ini," katanya.(*)

Penulis: Riki S