Dinas ESDM Sumbar Apresiasi Simulasi dan Mine Rescue Team Semen Padang

"Pembentukan MRT atau PKTD adalah komitmen perusahaan dalam menyiapkan sarana dan prasarana sebagai antisipasi terjadinya kondisi darurat."
Personil PKTD Unit Mine Rescue Tim Departemen Tambang dan Pengelolaan Batu Kapur PT Semen Padang foto bersama usai simulasi kesiapsiagaan bencana. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumbar dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, mengapresiasi kegiatan simulasi bencana oleh Petugas Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (PKTD) dan pembentukan Mine Rescue Team (MRT) di Tambang PT Semen Padang.

"Pembentukan MRT oleh PT Semen Padang perlu diapresiasi, karena dari beberapa perusahaan pertambangan yang ada di Sumbar, PT Semen Padang yang merupakan perusahaan semen di Kota Padang, dinilai lebih cepat membentuk MRT dibandingkan dengan perusahaan pertambangan lainnya," kata Kepala Bidang Minerba Dinas ESDM Provinsi Sumbar John Edward pada acara simulasi bencana oleh PKTD dan launching MRT di Tambang PT Semen Padang, Rabu (6/11/2019).

Hadir pada kesempatan itu Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Staf Basarnas Februs Anggara, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang Amrah Ahmad, Penanggung Jawab MRT Semen Padang Dedi M Sidiq, staf pimpinan dan para undangan lainnya.

John Edward mengatakan, keberadaan MRT di areal tambang PT Semen Padang ini terus berlanjut selama operasional tambang berlangsung. "Kalau bisa, mereka di-standby kan selama 24 jam, sehingga jika terjadi kecelakaan kerja, maka personil MRT bisa dengan cepat melakukan evakuasi," katanya.

Dia berharap agar personil MRT yang merupakan PKTD di areal tambang PT Semen Padang, terus meningkatkan kemampuan rescue-nya, karena di areal tambang ini banyak potensi yang bisa terjadi. "Tidak hanya potensi kecelakaan kerja, potensi bencana alam seperti longsor, gempa, juga beroptensi terjadi di aeral tambang ini," ujarnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Staf Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang Februs Anggara. "Keberadaan MRT ini sangat membantu kami dalam melakukan upaya penyelamatan jika suatu saat terjadi kecelakaan kerja atapun bencana yang menyebabkan adanya korban dari manusia di areal tambang ini, apalagi ... Baca halaman selanjutnya