Semen Padang Kembali Kirim Tim Medis dan Relawan ke Solsel

Tim medis SPH dan TRC Semen Padang foto bersama di halaman Plaza Kantor Pusat Semen Padang sebelum berangkat ke Solsel
Tim medis SPH dan TRC Semen Padang foto bersama di halaman Plaza Kantor Pusat Semen Padang sebelum berangkat ke Solsel (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang kembali mengirim tim medis dari Semen Padang Hospital (SPH) dan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang ke lokasi bencana banjor bandang di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Solok Selatan ( Solsel ), Sabtu, 7 Desember 2019.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan,  tim medis dan relawan TRC yang dikirim ke Kabupaten Solsel ini, nantinya akan menggantikan tugas dari tim yang sebelumnya diberangkatkan perusahaan pada 4 Desember kemarin.

"Jadi kita rolling. Tim yang dikirim sebelumnya kami tarik ke Padang dan digantikan oleh tim yang diberangkatkan hari ini," kata Anita usai acara pelepasan tim medis dan TRC Semen Padang ke Solsel di Lapangan Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang .

Baca Juga

Tim yang diberangkatkan sekarang ini, lanjutnya, akan berada di lokasi bencana hingga 11 Desember nanti. Selama empat hari di sana, tim ini akan melanjutkan tugas dari tim yang sebelumnya, seperti membantu korban terdampak dan pihak terkait dalam membersihkan fasilitas umum dan rumah warga yang tertimbun material banjir bandang.

Kemudian, membantu pendistribusian logistik dari posko bencana ke warga yang terdampak, serta melakukan trauma healing terhadap anak-anak dan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap warga yang mulai terserang penyakit di rumah sakit lapangan yang didirikan Semen Padang .

"Di samping telah mengirim tim medis dan relawan TRC, manajemen bersama UPZ Baznas Semen Padang , Forum Komunikasi Istri Karyawan (FKIK) Semen Padang dan Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) juga melakukan penggalangan donasi untuk korban bencana Solsel ," ujarnya.

Donas yang terkumpul, tambah Anita, akan digunakan untuk kebutuhan korban terdampak, karena dari assessment TRC Semen Padang di lokasi bencana, diketahui bahwa korban terdampak butuh bantuan logistik dan alat tulis untuk anak sekolah, karena alat tulis mereka hanyut dan rusak akibat banjir bandang.

"Rencananya, bantuan yang terkumpul untuk korban bencana Solsel itu akan kami antarkan pada 11 Desember mendatang. Nanti yang akan mengantarkan dari manajemen perusahaan, serta perwakilan dari FKIK, SPSP dan UPZ Baznas Semen Padang ," pungkas Anita.(*)

Baca Juga

Penulis: Riki S