Semen Padang Bantu 5000 Sak semen untuk Jamban Sehat di Sumbar

Dirut Semen Padang Benny Wendri menyerahkan bantuan secara simbolis kepada ketua LKKS Sumbar Ny. Nevy Irawan Prayitno, didampingi Dandim 0309 Solok Letkol Inf. Irwan Harjatmono
Dirut Semen Padang Benny Wendri menyerahkan bantuan secara simbolis kepada ketua LKKS Sumbar Ny. Nevy Irawan Prayitno, didampingi Dandim 0309 Solok Letkol Inf. Irwan Harjatmono (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ), memberikan bantuan 5.000 sak semen untuk jamban sehat di Sumbar, untuk mewujudkan program kepedulian nagari yang ada di perusahaan ini.

Bantuan 5.000 sak semen tersebut diserahkan oleh Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendri saat menghadiri launcing Nagari Peduli Sehat di Kabupaten Solok, Rabu 15 Februari 2017 di THKT Aro Suka Kabupaten Solok.

baca juga: UPZ Baznas Semen Padang Rutin Santuni 350 Fakir, Jompo, Cacat dan Janda Tua Setiap Bulan

Benny Wendri menyampaikan, komitmen Kepedulian Semen Padang diwujudkan dalam program 4 pilar pembangunan Semen Padang sebagai aplikasi dari pengelolaan CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan perusahaan.

" Semen Padang merupakan perusahaan yang tumbuh bersama nagari, oleh karena itu kami menjadikan CSR sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang" kata Benny Wendri.

baca juga: Jadi Binaan CSR Semen Padang, Pemilik Konveksi Tas Baceno Kini Jadi Milioner

Ia menambahkan, empat pilar pembangunan Semen Padang diantaranya Semen Padang Camp in nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Elok Nagari dan Semen Padang Peduli Nagari.

Dalam pilar Campin Nagari, Semen padang selalu berupaya meningkatkan hubungan dengan semua pihak mulai dari tataran pemerintahan, pengusaha hingga masyarakat Nagari. Sehingga image positif semen padang akan melekat di semua kalangan.

baca juga: Kiat UMKM Binaan Semen Padang Bertahan di Tengah Pandemi, Dapur Yonica Luncurkan Produk Terbaru

Pilar Pandai Nagari merupakan perwujudan manifestasi peningkatan kualitas pendidikan masyarakat melalui bantuan berupa beasiswa bagi pelajar. PT. Semen Padang menyalurkan bantuan beasiswa lebih kurang 1 Milyar setiap tahunnya.

Kemudian, Pilar Semen Padang Elok Nagari, Pilar ini bermuara pada terwujudnya pelestarian alam dan lingkungan. Semen Padang juga menempuh upaya upaya reboisasi terhadap lingkungan yang sudah mulai mengalami kerusakan.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

Selanjutnya, jelas Benny, Pilar Semen Padang Peduli Nagari. Dalam pilar ini, ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, pembinaan hubungan industrial dan implementasi HAM.

"Dalam pilar paduli nagari terdapat program bina lingkungan yang ruang lingkunya antara lain kebencanaan, pendidikan, Kesehatan, sarana umum, Rumah ibadah sosbud dan pengentasan kemiskinan," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, Ketua Lembaga Koordinasi kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumbar Ny. Nevy Irwan Prayitno mengatakan Pembangunan daerah tidak hanya bisa diselesaikan oleh pemerintah saja namun perlu peran serta dari semua pihak.

"Masih banyak masyarakat kita yang butuh sarana kesehatan, bantuan pendidikan, penguatan perekonomian dan itu tidak hanya bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah," kata Nevy.

Pemerintah juga akan sangat terbantu dengan adanya kucuran bantuan dari CSR Perusahaan perusahaan yang ada di Sumatera Barat dan juga dengan Pengelolaan zakat melalui Baznas Propinsi. (Syafriadi)

Penulis: Eko Fajri