FKIK SP Salurkan Beasiswa Pendidikan kepada Siswa SD, SMP, dan SMA

Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIK SP) kembalikan menyalurkan beasiswa kepada siswa SD, SMP, dan SMA
Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIK SP) kembalikan menyalurkan beasiswa kepada siswa SD, SMP, dan SMA (KLIKPOSITIF )

KLIKPOSITIF  - Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang ( FKIK SP) kembalikan menyalurkan beasiswa kepada siswa SD, SMP, dan SMA periode 2017-2020 sebanyak Rp 26.700.000. Beasiswa diberikan kepada 40 siswa SD, 17 siswa SMP, dan 5 siswa SMA dengan periode pemberian sekali tiga bulan.

"Untuk siswa SD, masing-masing siswa menerima Rp 100 ribu perbulan. Siswa SMP Rp 200 ribu perbulan, dan siswa SMA Rp 300 ribu perbulan. Jadi masing-masing siswa SD menerima Rp 300 ribu perbulan. Siswa SMP Rp 600 ribu perbulan, dan siswa SMA Rp 900 ribu perbulan, " kata Penasehat FKIK SP, Annefarlendiatu, Jumat 27 Oktober 2017.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

Penyerahan beasiswa ini merupakan salah satu program kerja yang ada di FKIK SP, yakni dalam bidang beasiswa dan perpustakaan. "Jadi ini merupakan program tiga bulanan FKIK dalam bidang beasiswa dan pustaka. Siswa yang penerima beasiswa merupakan siswa kurang mampu yang menempuh pendidikan di wilayah Lubuk Kilangan, terutama untuk sekolah yang ada di wilayah ring satu," jelasnya.

Untuk menentukan siswa yang berhak menerima beasiswa, FKIK SP bekerjasama dengan pihak sekolah soal siapa yang berhak menerima beasiswa. "Kita minta rekomendasi dari sekolah siswa yang berhak menerima beasiswa. Setelah dapat rekomendasi, maka kita akan lakukan survei lapangan secara langsung. Karena kita juga punya kriteria khusus soal ini, yakni benar-benar tidak mampu dan tidak memiliki orang yang menanggung kebutuhannya untuk sekolah. Apakah siswa ini juga berhak menerima beasiswa sesuai dengan rekomendasi sekolah atau tidak," jelasnya.

baca juga: FKIK Semen Padang Salurkan Bansos untuk Warga Indarung Terpapar Covid-19

Dalam pembagian beasiswa ini, FKIK SP lebih menekankan kepada siswa sekolah dasar (SD). "Untuk SD ada 20 sekolah dengan jumlah penerima 40 orang. Untuk SMP sebanyak 8 sekolah dan untuk SMA sebanyak 5 sekolah," tuturnya.

Untuk sekolah yang menerima beasiswa periode ini, yaitu SD N 20 Indarung, SD N 21 Bandar Buat, SD N 15 Ulu Gadut, SD N 08 Padang Besi, SD N 06 Padang Besi, SD N 12 Padang Besi, SD N 16 Padang Besi, SD N 5 Bandar Buat, SD N 09 Bandar Buat, SD N 03 Bandar Buat, SD N 22 Koto Lalang, SD N 15 Koto Lalang, SD N 17 Batu Gadang, SD N 13 Batu Gadang, SD N 04 Tarantang, dan SD N 19 Baringin.

baca juga: Gelar Seminar Parenting, FKIK Semen Padang Hadirkan Abah Ihsan

Sedangkan untuk SMP yang menerima yakni SMP 21 Padang, SMP 23 Padang, SMP 24 Padang, SMP 11 Padang, SMP Semen Padang, SMP Muhammadiyah, SMP 14 Padang, SMP Dian Andalas. Sedangkan untuk tingkat SMA, SMA yang menerima yakni SMK N 1 Padang, SMA Semen Padang, SMA 9 Padang, SMK 4 Padang.

Beasiswa FKIK berasal dari donasi karyawan Semen Padang, dimana nilai donasinya paling rendah Rp 5000 hingga kelipatan yang tidak terhingga. "Jadi setiap bulan, uangnya kita potong dari pendapatan karyawan sesuai dengan kesepakatan atau kontrak yang telah dibuat dari awal sehingga akan ada pemotongan setiap bulannya," ujarnya.

baca juga: Ibu-Ibu FKIK SP Belajar Kepemimpinan yang Komunikatif di Era Milenial

Beasiswa ini diserahkan per tiga bulan. Beasiswa yang diserahkan hari ini merupakan beasiswa dari donasi karyawan semenjak bulan Juli, Agustus, dan September. "Dan penyerahannya dilakukan dibulan ini," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang wali penerima beasiswa, Tiara merasa bersyukur atas bantuan beasiswa ini. Diakuinya hal itu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. "Apalagi dia sudah tidak memiliki kedua orang tua, sehingga beasiswa ini sangat membantu sekali," ujarnya saat mendampingi adiknya, Fatur dari SD N 20 Indarung. 

Penulis: Fitria Marlina