Peduli Pendidikan, Semen Padang Kembali Salurkan Beasiswa untuk Pelajar di Lingkungan Packing Plant Dumai dan Lampung

Kepala Biro Produksi Semen & Pengantongan Dumai, Palman (kanan) menyerahkan beasiswa pendidikan kepada salah seorang pelajar di lingkungan Packing Plant PT Semen Padang di Dumai.
Kepala Biro Produksi Semen & Pengantongan Dumai, Palman (kanan) menyerahkan beasiswa pendidikan kepada salah seorang pelajar di lingkungan Packing Plant PT Semen Padang di Dumai. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) perusahaan, tidak hanya komit untuk memperhatikan dunia pendidikan masyarakat lingkungan perusahaan yang berada di 10 kelurahan di tiga Kecamatan di Kota Padang, yaitu Lubuk Kilangan, Pauh dan Pampangan.

Tapi, perusahaan semen plat merah tersebut juiga komit untuk menyalurkan beasiswa pendidikan di lingkungan Packling Plant (PP) Semen Padang . Buktinya, pada akhir Desember lalu, Semen Padang melalui CSR perusahaan, kembali menyalurkan beasiswa pendidikan untuk masyarakat di lingkungan PP Dumai .

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

Bahkan di PP Dumai , yaitu di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, sebanyak 50 pelajar mendapatkan beasiswa uang tunai dari Semen Padang dengan jumlah uang tunai bervariasi, yaitu untuk pelajar setingkat SD sebanyak 25 orang, mendapatkan masing-masing uang tunai Rr400 ribu, kemudian pelajar SMP yang berjumlah 13 orang, masing-masing mendapatkan Rp500 ribu, dan 12 orang siswa SMA masing-masing, mendapatkan Rp750 ribu.

Kepala Biro Produksi Semen & Pengantongan Dumai , Palman berharap dengan adanya beasiswa pendidikan ini, para pelajar yang tinggal di lingkungan PP Dumai bisa meningkatkan prestasinya di sekolah. Kemudian bagi yang belum mendaqpatkan, diharapkan juga menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasinya, sehingga periode selanjutnya, mereka bisa mendapatkan beasiswa pendidikan dari Semen Padang .

baca juga: Pandemi COVID-19, Semen Padang Salurkan Berbagai Bantuan di Dumai

" Beasiswa pendidikan ini rutin dua kali setahun yang diserahkan per semester. Untuk hari ini, merupakan beasiswa semester II tahun ajaran 2017/2018. Jadi, saya berharap dengan adanya beasiswa ini, semakin membuat para pelajar di lingkungan PP Dumai ini termotivasi untuk meningkatkan prestasi di sekolahnya," kata Palman usai menyerahkan beasiswa pendidikan.

Hal yang sama juga disampaikan Staf Dikkesos LH CSR Semen Padang , Yumendri. Ia mengatakan, beasiswa pendidikan ini diserahkan, karena merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat lingkungan, khususnya di PP Dumai , yaitu di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai .

baca juga: Indah dan Green-nya Lapangan Golf dan Taman Kehati Semen Padang

" Beasiswa ini bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, karena perusahaan juga ingin maju bersama masyarakat lingkungan. Kepada pelajar yang mendapatkan beasiswa dari Semen Padang ini, saya berharap beasiswa yang didapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pendidikan, dan jangan digunakan untuk beli pulsa, maupun paket internet," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Bangsal Aceh, Ganda Prawiranata, mengapresiasi Semen Padang yang telah menyalurkan beasiswa pendidikan kepada pelajar di kelurahan Bangsal Aceh ini, apalagi beasiswa tersebut disalurkan secara rutin dua kali setahun. Ia berharap, program beasiswa ini terus dipertahankan, supaya motivasi para pelajar untuk terus meningklatkan prestasin ya di sekolah terus meningkat.

baca juga: Multiplier Effect Proyek Normalisasi Intake Baringin: Serap 250 Tenaga Kerja Lokal di Masa COVID-19

"Saya mewakili Lurah, termasuk Pemkot Dumai , mengucapkan terimakasih kepada Semen Padang . Semoga, semen Padang terus maju dan berkembang di tengah ketatnya persaingan semen secara nasional. Kemudian, saya berharap kepada masyarakat Dumai , untuk terus mendukung Semen Padang , karena perusahaan BUMN tersebut adalah aset bangsa Indonesia, dan menjadi kebangaan kita bersama," katanya.

Selain menyerahkan beasiswa pendidikan di Dumai , PT Semen Padang juga menyerahkan beasiswa pendidikan kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan PP Lampung Selatan, yaitu di Desa Rangai, Kecamatan katibung. Bantuan tersebut, disalurkan langsung oleh Staf CSR Semen Padang , Alfred Rusli.

"Untuk jumlah penerima beasiswa pendidikan, sama dengan di Dumai . Saya mewakili manajemen Semen Padang , juga berharap agar beasiswa pendidikan ini dapat memotivasi para penerima beasiswa untuk meningkatkan prestasi akademiknya," kata alfred.(*)

Penulis: Riki S