Krisis Air Bersih, Semen Padang Salurkan Air Bersih untuk Ratusan KK

CSR Semen Padang salurkan air bersih untuk masyarakat sekitar Lubuk Kilangan, Senin (23/9)
CSR Semen Padang salurkan air bersih untuk masyarakat sekitar Lubuk Kilangan, Senin (23/9) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) menyalurkan air bersih untuk ratusan Kepala Keluarga (KK) yang berada dalam kawasan Lubuk Kilangan yang dimulai sejak Senin, 23 September 2019 hingga 15 hari kedepan.

Ada tiga kelurahan yang disasar oleh CSR Semen Padang yakni Batu Gadang, Baringin dan Tarantang. Wilayah tersebut dalam beberapa waktu terakhir mengalami krisis air bersih karena musim kemarau yang tengah melanda. 

baca juga: Pandemi COVID-19, Semen Padang Salurkan Berbagai Bantuan di Dumai

Saat ini, sumber air bersih yang biasanya menjadi solusi masyarakat terhadap kebutuhan air yakni Sungai Lubuk Peraku mengalami kekeringan. Debit air sungai itu kecil karena kemarau yang berkepanjangan. 

"Truk air akan mulai jalan sore ini jam 16.00, dengan pola pengisian keliling setiap hari," ujar Kepala CSR Semen Padang, Muhammad Ikrar.

baca juga: Multiplier Effect Proyek Normalisasi Intake Baringin: Serap 250 Tenaga Kerja Lokal di Masa COVID-19

Ia menjelaskan untuk saat ini tim-nya akan melihat kondisi terkait daerah mana saja yang akan menerima bantuan air bersih tersebut. Kedepannya kegiatan penyaluran air bersih akan dibuatkan jadwal. Jadwal itu nantinya akan disosialisasikan oleh tokoh masyarakat setempat.

Penyaluran air bersih untuk masyarakat sekitar ring 1 PT Semen Padang itu menggunakan 1 unit truk yang akan diturunkan selama 15 hari kedepan dengan anggaran biaya Rp 15 Juta.

baca juga: Semen Padang Normalisasi Intake Baringin, 120 Ha Sawah akan Dialiri Air

Program itu kedepannya akan dievaluasi karena jika dibutuhkan lebih banyak oleh masyarakat lain sekitar Lubuk Kilangan, bisa saja jumlah daerah yang disalurkan air bersih akan ditambah.

"Kita lihat dulu tergantung kondisinya," katanya.

baca juga: Jadi Mitra Binaan Semen Padang, Syafni Jadi "Juragan" Rakik di Batu Gadang

Sementara itu, Kepala Unit Humas & Kesekretaritan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan program penyaluran air bersih itu merupakan bentuk kepedulian PT Semen Padang kepada mayarakat sekitar pabrik. Ia mengungkapkan, kondisi krisis air bersih yang dialami masyarakat sekitar menimbulkan rasa prihatin dari Semen Padang sehingga digelar program penyaluran air bersih tersebut.

"Ini merupakan program yang dilakukan selama masa krisis air bersih sampai dengan waktu turunnya hujan dan debit air sungai kembali normal," ujar Anita.

Anita menjelaskan Sungai Lubuk Peraku sebagai sumber air untuk operasional perusahaan dan juga masyarakat lingkungan sekitar sedang dalam kondisi debit air yang kecil. Sehingga air bersih sulit untuk didapatkan terutama untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Sumber air bersih yang disalurkan pada tiga daerah di Lubuk Kilangan tersebut berasal dari air sungai Lubuk Paraku yang ditampung di bak air Semen Padang

"Jika masih kurang kemungkinan kita akan mengambil dari sumber air di Solok," katanya.

Diharapkan agar program tersebut merata ke seluruh wilayah yang disasar CSR Semen Padang sehingga masyarakat tidak lagi merasa kesulitan dalam mendapatkabn air bersih .(*)

Penulis: Khadijah