HUT Semen Indonesia ke-7, Jajaran Direksi PT Semen Padang Ikuti Perayaan dari Padang

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri (tengah) memotong tumpeng didampingi Direktur Produksi Firdaus (kiri) dan Direktur Keuangan Tubagus M Dharury dalam rangka memperingati HUT PT Semen Indonesia ke-7, Selasa (7/01)
Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri (tengah) memotong tumpeng didampingi Direktur Produksi Firdaus (kiri) dan Direktur Keuangan Tubagus M Dharury dalam rangka memperingati HUT PT Semen Indonesia ke-7, Selasa (7/01) (Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Indonesia (Persero) peringati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 dengan tema Go Beyond Next yang diselenggarakan di kantor pusat di Jakarta South Quarter pada Selasa, 07 Januari 2020.

Perayaan tersebut turut diikuti jajaran Direksi PT Semen Padang dengan melakukan video teleconference dengan seluruh Grup PT Semen Indonesia lainnya yakni PT Semen Tonasa, PT Semen Gresik dan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI). Dalam video teleconference tersebut, tampak 8 video yang tampil di dalam layar monitor dari seluruh grup PT Semen Indonesia seperti Tonasa, Tuban, Padang, SBA-Lhoknga, Naragong, SBI Tuban, SBI Cilacap, dan SBI Talavera.

baca juga: Rudiantara Ditunjuk Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia

Pada awal kegiatan, ditampilkan video Kaleidoskop Semen Indonesia Tahun 2019. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan stand Up komedy yang menghibur seluruh penontonnya baik dari lokasi acara maupun dari video teleconference.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Hendy Priyo Santoso menyampaikan apresiasinya pada seluruh karyawan serta Direksi dan Keluarga besar yang bergabung di bawah naungan Semen Indonesia Grup.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

"Pada 2018, kita bersama-sama melawan hilangnya optimisme karena menghadapi kompetitor yang cukup sulit. Untuk menghadapi hal itu, kami bersepakat dengan seluruh pimpinan untuk bersatu dengan melakukan Satu Kebijakan, Satu Sistem dan Satu Standar Operasi. Hal itu telah kita lakukan dengan baik," ujar Hendy yang pernah menjabat sebagai Dirut PT PGN (Persero).

Selanjutnya pada 2019, Semen Indonesia Grup memiliki tantangan besar yakni masuknya anggota keluarga baru ke dalam Grup Semen Indonesia yakni dari PT Holcim Indonesia (kini SBI, red). Namun hal itu dapat disikapi dengan baik oleh segenap anggota Semen Indonesia Grup.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

Ia menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas sinergi yang berlangsung dan pengertian yang disampaikan oleh anggota grup yang lain dalam menyambut keluarga baru. Dengan bertambahnya anggota baru di dalam grup, tentunya diharapkan hal itu dapat memperkuat Semen Indonesia Grup.

"Bahkan belum genap satu tahun, anggota baru tersebut berhasil membukukan laba. Tentunya bantuan dan dukungan dari rekan-rekan menjadi kunci dari hal tersebut," katanya.

baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

Sementara itu, ia menjelaskan, tema yang dipilih pada tahun 2020 yakni Go Beyond Next memiliki makna yang cukup penting, yakni melampaui apa yang telah dicapai. Disampaikannya, pada 2019, Grup dari PT Semen Indonesia masih mampu memimpin pangsa pasar baik dari sisi utilisasi.

"Namun banyak sekali hal yang belum pernah kita lakukan sehingga butuh banyak keberanian untuk melakukan eksplorasi baru. Sehingga terobosan-terobosan harus terus dilakukan agar kita tidak kalah oleh para kompetitor. Oleh karena itu, saya mengimbau pada segenap anggota Grup Semen Indonesia untuk dapat terus memimpin industri semen kedepannya. Di 2020 kita capai dan tunjukkan bahwa kita mempunyai platform sehingga kita tetap menjadi yang terdepan," katanya.

Komisaris Utama PT Semen Indonesia , Sukarwo juga menyampaikan bahwa 2020 adalah tahun untuk segenap anggota grup Semen Indonesia dapat berkembang menjadi lebih baik dan menang di dalam pertarungan.

"Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Dirut tadi, adanya sejarah yang panjang yang lahir dari brand equity dapat menjadi kebanggaan kita bersama. Selain itu, dengan masuknya Solusi Bangun Indonesia ke dalam grup, diharapkan dapat menjadi kekuatan baru bagi Grup Semen Indonesia untuk memimpin pangsa pasar industri," kata Sukarwo.

Sementara itu jelasnya, di sisi industri semen, kompetitior semakin bertambah, serta tingkat kompetisi juga semakin berat. Kompetitor melakukan persaingan harga dengan menggunakan konsep cash flow, jual rugi tidak masalah.

"Namun opportunity kita untuk berkembang semakin terlihat. Oleh karena itu, Dewan Komisaris juga mengimbau untuk melakukan transformasi bisnis sehingga bisnis industri yang kita jalankan tidak kalah dari kompetitor," katanya.

Ia mengimbau segenap jajaran grup baik itu karyawan dan Direksi dapat selalu solid dan kuat. Sehingga perusahaan dapat lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan baru.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri mengungkapkan bahwa ada satu hal yang istimewa dalam peringatan HUT PT Semen Indonesia yang ke-7 tersebut. Hal itu yakni adanya saudara baru di dalam Grup Semen Indonesia yakni Solusi Bangun Indonesia.

"Semoga dengan bergabungnya Solusi Bangun Indonesia makin memperkuat Semen Indonesia Grup. Karena sekarang kita menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," katanya.

Ia mengharapkan, dengan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, Semen Indonesia Grup dapat menjadi pioneer utama dalam pembangunan bangsa dan negara dan mencapai pasar Internasional.(*)

Editor: Khadijah