Antisipasi Penyebaran Covid-19, Semen Padang Disinfektan 2 Pasar di Lubuk Kilangan

Relawan TRC Semen Padang melakukan penyemprotan diainfektan di Pasar Indarung.
Relawan TRC Semen Padang melakukan penyemprotan diainfektan di Pasar Indarung. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar, PT Semen Padang kembali mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang untuk melakukan penyemprotan disinfektan di pusat keramaian.

Kali ini, penyemprotan cairan kimia untuk mencegah penularan infeksi, termasuk wabah Virus Corona yang belakangan ini makin meresahkan masyarakat, akan dilakukan di dua pasar di Kecamatan Lubuk Kilangan, yaitu Pasar Indarung dan Pasar Bandar Buat.

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

"Penyemprotan disinfektan di dua pasar itu kami lakukan setelah Salat Isya. Kamis kemarin, kami juga telah menyemprotkan disinfektan di 145 titik fasilitas umum di Lubuk Kilangan," kata Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar, Jumat (20/3/2020).

Penyemprotan disinfektan ini, lanjutnya, dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintahan Kecamatan Lubuk Kilangan. Dan tentunya bagi Semen Padang , penyemprotan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan mendukung Pemerintah Daerah dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

baca juga: Baznas Padang Gandeng ITP dalam Pembuatan Alat Pencuci Tangan

"Di samping melakukan penyemprotan, kami juga mensosialisasikan kepada warga di lingkungan perusahaan untuk menjaga kebersihan dengan mengutamakan cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak minimal 1 meter dari orang dengan ciri-ciri Virus Corona seperti batuk, demam dan sesak nafas," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menjelaskan, berbagai hal dilakukan PT Semen Padang untuk mengantisipasi agar virus tersebut tidak menyebar di lingkungan keluarga besar Semen Padang Group.

baca juga: 99 Daerah Kini Masuk Zona Hijau

Diantaranya, melakukan seminar, pemberian vaksin, menetapkan aturan terkait aktivitas Karyawan/Karyawati Semen Padang Grup dalam upaya menjaga kesehatan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal, membuat himbauan melalui spanduk, baliho, penghentian semua kegiatan yang sifatnya massal.

"Berbagai upaya telah dilakukan perusahaan menindaklanjuti kebijakan Kementerian BUMN dan SIG serta sebagai upaya Semen Padang mendukung Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19," kata Nur Anita.

baca juga: WHO Sebut Tiap Individu Perlu Melihat Resiko Penularan Mereka Sendiri

Untuk mencegah penularan virus melalui benda di sekitar karyawan, maka dilakukan disinfektan di area-area kerja dan fasilitas umum yang dikelola PT Semen Padang , termasuk fasum di lingkungan eksternal perusahaan. Selain itu juga menyediakan handsanitizer di semua unit kerja. (*)

Editor: Riki S