FKIK Semen Padang Salurkan Bansos untuk Warga Indarung Terpapar Covid-19

Teks foto: Ketua I FKIK Semen Padang Ny Irfak Izma (kanan) didampingi Sekretaris FKIK Ny Very Sarvino, menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada Ketua RW 03 Indarung. Bantuan berupa uang tunai itu akan diserahkan kepada warga RW 03 terdampak Covid-19
Teks foto: Ketua I FKIK Semen Padang Ny Irfak Izma (kanan) didampingi Sekretaris FKIK Ny Very Sarvino, menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada Ketua RW 03 Indarung. Bantuan berupa uang tunai itu akan diserahkan kepada warga RW 03 terdampak Covid-19 (Riki S)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Forum Komunikasi Istri Karyawan ( FKIK ) Semen Padang pada Senin, 1 Juni 2020, menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat RW 03 Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, khususnya masyarakat terpapar COVID-19.

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang , bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp6 juta lebih itu, diserahkan secara simbolis oleh Ketua I FKIK Semen Padang Ny Irfak Izma kepada Ketua RW 03 Indarung, Edwar, dan disaksikan oleh Sekretaris FKIK Semen Padang Ny Very Sarvino dan Bendahara II FKIK Semen Padang Ny Muhammad Ikhlas.

baca juga: Warga Pasbar Sudah Boleh Gelar Resepsi Pernikahan, Ini Syaratnya

Ny Irfak Izma mengatakan, bantuan sosial ini merupakan salah satu program FKIK Semen Padang . Dan bantuan ini diserahkan untuk masyarakat RW 03 Indarung, karena beberapa waktu lalu di wilayah RW 03 tersebut, ada masyarakat terinfeksi COVID-19.

"RW 03 Kelurahan Indarung ini ring 1 dari PT Semen Padang , dan di sana ada warga yang warga terdampak COVID-19. Jadi sesuai arahan dari Ketua Umum FKIK Ny Ampri Satiawan yang didukung Penasehat FKIK , kami pun langsung bergerak untuk menyalurkan bantuan," katanya usai menyerahkan bantuan.

baca juga: KKN di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN UNRI di Pessel Bagi-bagi Masker

Selain RW 03 bagian dari Ring I Perusahaan, lanjut Ny Irfak Izma, bantuan sosial dari FKIK ini disalurkan juga didasari oleh tiga hal. Pertama, Islam mengajarkan umatnya untuk hidup saling membantu, dan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa orang yang paling baik itu adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Kedua, manusia adalah makluk sosial. Untuk itu, kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan tentu harus dipupuk. Kemudian ketiga, sebagai wujud syukur keluarga besar FKIK Semen Padang , karena di tengah wabah COVID-19 ini, pihaknya diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

baca juga: Pasien COVID-19 Sumbar Banyak Sembuh, Karantina Hanya Tinggal di BPSDM

"Jadi bantuan sosial ini juga sebagai wujud syukur kami di FKIK Semen Padang , semoga kami dan keluarga besar FKIK , termasuk seluruh insan semen di Perisahaan, terhindar dari wabah COVID-19," ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa selama ini, FKIK Semen Padang juga rutin melakukan berbagai kegiatan sosial. Bahkan pada tahun 2019 lalu, FKIK juga melakukan anjang sana ke panti asuhan dan jompo untuk menyalurkan bantuan tali asih.

baca juga: Diisolasi Hampir Dua Bulan, Seorang Nenek di Solsel Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Kemudian saat bencana alam berupa banjir bandang di Solok Selatan, FKIK juga ikut menyalurkan bantuan sembako dan alat tulis untuk pelajar sekolah terdampak banjir bandang, serta membantu pembuatan WC umum untuk stunting.

"Selain itu, kami juga rutin menggelar Jumat Barokah, yaitu pemberian bantuan sembako yang digelar setiap Jumat untuk masyarakat kurang mampu, seperti pedagang kaki lima dan tukang sapu di kawasan Ring 1 Perusahaan. Namun karena wabah COVID-19, untuk sementara program tersebut dihentikan," bebernya.

Ketua RW 03 Kelurahan Indarung Edwar mengapreasi FKIK Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan sosial. "Alhamdulillah, bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat RW 03 yang terdampak COVID-19. Terimakasih FKIK , mudah-mudahan jadi amal ibadah bagi keluarga besar FKIK ," katanya.

Bantuan sosial berupa uang tunai ini, kata Edwar melanjutkan, akan disalurkan kepada warga RW 03 yang positif terinfeksi COVID-19 serta kepada warga yang tinggal berdekatan atau tetangga dari warga RW 03 yang positif COVID-19 tersebut, karena saat ini mereka sedang melakukan isolasi mandiri.

"Jumlah warga RW 03 yang menjalani isolasi mandiri itu ada 34 orang atau sebanyak 8 Kepala Keluarga (KK). Jadi selain untuk warga yang positif COVID-19, sebagian bantuan dari FKIK ini juga kami serahkan kepada mereka yang menjalani isolasi mandiri tersebut," ujarnya.(*)

Editor: Riki S