Peringati Sumpah Pemuda ke-88, KNPI Luki Gelar Pelatihan Wirausaha

Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah Rumah Kemasan Taruna Mandiri kepada Kepala Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman
Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah Rumah Kemasan Taruna Mandiri kepada Kepala Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lubuk Kilangan (Luki) Kota Padang, menggelar Pelatihan Wirausaha Pemuda Rumah Kemasan Taruna Mandiri di Balai Diklat Provinsi Sumbar, Senin, 24 Oktpber 2016.

Pelatihan wirausaha yang berlangsung hingga 26 Oktober mendatang, dan diikuti oleh 16 pemuda-pemudi dari perwakilan masing-masing kelurahan di Luki itu, dibuka langsung oleh Kepala Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman.

baca juga: Semen Padang Ajak Karyawan Terapkan Protokol Kesehatan

Dalam pembukaan pelatihan tersebut, turut hadir Kepala Dispora Kota Padang, Suardi, pihak Disosnaker Kota Padang, Camat Luki, Yalmasri, dan Kepala Biro Corporate Social Responsibility ( CSR ) PT Semen Padang , Dasril.

Kepala Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman, mengaku bangga dengan apa yang dilakukan KNPI Luki, karena pelatihan entrepreneur seperti ini akan menjadi harapan bagi Pemko Padang. Sebab, pelatihan ini dapat mendorong perekonomian di Padang, khususnya Luki.

baca juga: Kuliah di ITB, Anak Tukang Ojek di Alahan Panjang Itu Penerima Beasiswa Semen Padang

"Luki ini luar biasa KNPI nya. Kami mengacungkan jempol kepada KNPI Luki, karena pemuda di KNPI Luki ini ingin memunculkan entrepreneur muda melalui pelatihan wirausaha," katanya kepada KLIKPOSITIF  usai membuka pelatihan kewirausahaan, Senin, siang. 

Ketua KNPI Luki, Yaldi, mengatakan, pelatihan ini sengaja digelar untuk memperingati Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016, karena KNPI Luki ingin membangkitkan semangat kepemudahaan untuk berwirausaha.

baca juga: Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, Semen Padang Gelar Lomba Puisi dan Poster

"Ada tiga pelatihan yang diberikan, Fotografi, Photohop dan Desain Grafis," kata Yaldi. Pelatihan kewirausahaan yang bertema "From Nothing to Something" ini, lanjutnya, merupakan program Forum Nagari Kecamatan Luki yang disponsori penuh oleh CSR PT Semen Padang .

Untuk itu, pihaknya sangat berterimakasih yang tak terhingga kepada CSR PT Semen Padang yang telah banyak membantu. "Kami sangat bangga dengan keberadaan PT Semen Padang . Sudah 2 tahun terakhir ini PT Semen Padang melalui CSR nya, selalu mendukung penuh setiap kegiatan kepemudaan di Luki," ujarnya.

baca juga: Selesai Diproduksi di Semen Padang, Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 Dikirim Melalui Teluk Bayur

Selain mendukung penuh kegitan pelatihan wirausaha, Yaldi pun membeberkan bahwa dalam pelatihan ini, CSR PT Semen Padang juga menyalurkan dana hibah sebesar Rp54 juta untuk Rumah Kemasan Taruna Mandiri yang merupakan, tempat berkumpulnya pemuda-pemuda produktif dan inovatif di Luki.

"Nah, dana Rp54 juta itu nantinya akan dijadikan sebagai modal usaha untuk pemuda-pemudi inovatif yang berada di Rumah Kemasan Taruna Mandiri yang mengikuti pelatihan wirausaha hari ini," terang Yaldi.

Sementara itu, Sekretaris Forum Nagari Kecamatan Luki, Kamaruzaman, menyebut bahwa pelatihan wirausaha ini merupakan program-program yang betul-betul memajukan nagari. 

"Apalagi 2017 mendatang, industri tidak boleh lagi menerima tenaga kerja tanpa skill, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang bergabung ke dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," ujarnya.

"Agar tidak kalah bersaing dengan negara Asean lainnya, menurut saya program pelatihan kewirausahaan ini sangat perlu dilakukan, sehingga kita tidak menjadi penonton di negeri sendiri," imbuhnya.

Selain menggelar pelatihan wirausaha, Kamaruzaman pun membeberkan bahwa sebelumnya, organisasi kepemudaan di Luki seperti Karang Taruna, juga mengadakan sosialisasi HIV/AIDS dan Narkoba pada 22 Oktober kemarin.

"Selain sosialisasi dan pelatihan wirausaha, hari ini juga digelar kegiatan Donor Darah. Kemudian 29 Oktober mendatang, juga diadakan lomba gerak jalan antar SD se-Kecamatan Luki. Sumber dana semua kegiatan berasal dari CSR PT Semen Padang ," tuturnya.

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril menambahkan bahwa pihaknya sangat berkomitmen untuk mendukung kegiatan yang bersifat pemberdayaan. Apalagi, kata dia, Semen Padang mempunyai tiga pilar, yaitu Provit, People dan Planet.

"Nah, pelatihan wirausaha hari ini merupakan pilar provit yang bermanfaat, karena bisa merangsang generasi muda kita untuk berwirausaha. Untuk itu, kami berharap agar semua peserta pelatihan wirausaha ini bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baik mungkin," ujarnya.

Dasril pun berharap agar tahun 2017 mendatang, semua forum nagari , baik kelurahan maupun kecamatan, lebih mengutamakan program pemberdayaan yang lebih aplikatif lagi dibandingkan yang bersifat rutinitas. "Apalagi, kami dari CSR PT Semen Padang lebih mengutamakan program pemberdayaan," tuturnya.(*)

Penulis: Riki Suardi