Jalan Koto Baru Disemenisasi Semen Padang, Ketua Forum: Perekonomian Masyarakat Mulai Membaik

PADANG, KLIKPOSITIF -- Masyarakat Koto Baru, Kelurahan Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, mulai tersenyum lega. Pasalnya, perekonomian masyarakat di daerah tersempat, sudah mulai membaik.

Hal ini seiring dengan telah disemenisasinya jalan dari Koto Baru sampai ke RW.06 oleh Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ).

baca juga: Kuliah di ITB, Anak Tukang Ojek di Alahan Panjang Itu Penerima Beasiswa Semen Padang

"Dengan disemenisasinya jalan di Koto Baru, perekonomian masyarakat mulai membaik. Sebab, masyarakat yang mayoritas sebagai peladang, kini dengan mudah untuk menjual hasil ladangnya ke pasaran, karena jalan sudah bagus dan mudah dilalui kendaraan," kata Ketua Forum Rumah Pemerdayaan Masyarakat Limau Manih Selatan, Syafrizal, Selasa, 25 Oktober 2016.

Selain melakukan semenisasi jalan, Syafrizal juga menuturkan bahwa Semen Padang juga membantu biaya pembangunan masjid dan infrastrukur lainnya di Limau Manis Selatan, serta memberikan beasiswa kepada pelajar kurang mampu di Limau Manis selatan.

baca juga: Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, Semen Padang Gelar Lomba Puisi dan Poster

"Tidak hanya itu, bahkan baru-baru ini Semen Padang juga ikut memfasilitasi masyarakat untuk pelatihan Satpam, dan memberikan modal usaha bagi pelaku UMKM di Limau Manis selatan," ujarnya.

Syafrizal juga menuturkan bahwa selain menyalurkan bantuan fisik maupun non-fisik, Ia pun mengakui bahwa program KUN (Kelompok Usaha Nagari) yang dibentuk CSR Semen Padang juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi melalui program KUN tersebut, masyarakat Limau Manis Selatan bisa membuat usaha baru.

baca juga: Semen Padang Salurkan 7.050 Paket Sembako Tahap II untuk Warga Terdampak COVID-19

"Di Limau Manih Selatan ada 3 KUN. 1 KUN terdapat 30 orang pelaku usaha, dan mereka pada umumnya membuka usaha usaha pembibitan lele, menjahit, dan serba usaha (keripik dan sejenisnya)," beber

Sementara itu, Kepala Biro CS, Dasril yang dikonformasi terpisah menuturkan bahwa semua bantuan yang diberikan kepada masyarakat Limau Manis Selatan, merupakan bentuk komitmen Semen Padang terhadap lingkungan.

baca juga: Semen Padang Bagikan 25 Ekor Hewan Kurban, Diserahkan Secara Simbolis dengan Mengadaptasi Kebiasaan Baru

"Semen Padang ingin tumbuh bersama-sama masyarakat, baik masyarakat yang ada Ring 1 perusahaan maupun masyarakat lainnya di kabupaten/kota di Sumbar," ujarnya.(M.Noli)

Penulis: Riki Suardi