Kongres ke-VIII FKKSPG Resmi Dibuka, Ampri Satyawan: Semoga Dapat Melahirkan Keputusan Strategis

Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya, Hari Utama saat memberikan kata sambuatan pada pembukaan Kongres ke-VIII FKKSPG di Gedung Serba Guna Semen Padang.
Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya, Hari Utama saat memberikan kata sambuatan pada pembukaan Kongres ke-VIII FKKSPG di Gedung Serba Guna Semen Padang. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Kongres ke-VIII Forum Komunikasi karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) dengan agenda pemilihan ketua umum FKKSPG periode 2021-2024 resmi dibuka, Rabu (20/1/2021).

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang , kongres FKKSPG itu dibuka oleh Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya, Hari Utama mewakili Direksi PT Semen Padang .

baca juga: Webinar Klaster Keluarga Covid-19, Dirut Semen Padang Ajak Insan Perusahaan untuk Ingatkan Keluarga

Pada pembukaan kongres yang digelar secara virtual itu, juga hadir Ketua Umum FKKSPG periode 2017-2020 Ampri Satyawan, termasuk pimpinan sidang Kongres FKKSPG ke-VIII.

" Kongres ini kami gelar secara virtual. Untuk pimpinan sidang, hadir secara offline di GSG. Sedangkan komisariat, hadir melalui aplikasi zoom," kata Ketua Penyelenggara Kongres ke-VIII FKKSPG Masykur Rauf, Rabu (20/1/2021).

baca juga: Semen Padang Umumkan Pemenang SPIE 2019-2020; Analisa Benefit Mencapai Rp46,1 Miliar

Masykur juga mengatakan bahwa kongres FKKSPG ini digelar, karena jabatan Ketua Umum FKKSPG yang saat ini dijabat oleh Ampri Satyawan, akan segera berakhir.

"Pada kongres ini, ada dua orang bakal calon Ketua Umum FKKSPG yang akan bersaing. Keduanya adalah Admartin dan Rinold Thamrin. Kedua bakal calon itu merupakan usulan dari komisariat," ujarnya.

baca juga: Di SPH, Tersedia Fasilitas Lengkap dan Peralatan Canggih untuk Layanan Medical Check Up

Ketua Umum FKKSPG periode 2017-2020 Ampri Satyawan dalam sambutannya, mengatakan bahwa kongres kali ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Karena saat ini, dunia dilanda pandemi Covid-19.

"Namun begitu, saya berharap pandemi ini tidak mengurangi arti kongres dan dapat diperoleh keputusan strategis yang berdampak positif bagi perusahaan," kata Ampri Satyawan.

baca juga: Semen Padang Kembali Ekspor Semen dan Klinker

Ampri juga mengajak seluruh anggota FKKSPG untuk sama-sama mengingat kembali sifat organisasi FKKSPG serta fungsi dan tujuan keberadaannya, seperti yang diamanatkan Pasa3 dan Pasal 8 Anggaran Dasar FKKSPG.

Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, FKKSPG adalah organisasi yang bersifat demokrasi, bebas, profesional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatannya melalaui kemitraan yang selaras, serasi dan seimbang.

Kemudian berdasarkan Pasal 8 Aggaran Dasar, terdapat 5 fungsi dan tujuan FKKSPG. Pertama, terciptanya persatuan dan kesatuan para karyawan di lingkungan Semen Padang Group serta persaudaraan sesama anggota.

Kedua, mendorong produktifitas dan efisiensi perusahaan dengan prinsip kemitraan yang saling menguntungkan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota, keluarga dan lingkungan.

Ketiga, membela dan melindungsi serta memperjuangkan hak-hak dan kepentingan para anggota dalam mendapatkan fasilitas olahraga, seni budaya, sosial dan keagamaan.

Kemudian yang keempat, keberadaan FKKSPG diharapkan dapat mendorong terciptanya lingkungan kerja yang aman dan kondusif. Dan kelima, melaksanakan aktifitas dibidang olahraga, seni budaya, sosial dan keagamaan.

"Saya berharap fungsi dan tujuan FKKSPG yang tertuang pada Pasal 8 Anggaran Dasar itu, dapat terus diimplementasikan oleh Ketua Umum FKKSPG yang terpilih nantinya," kata Ampri.

Sementara itu, Direksi PT Semen Padang yang diwakili Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya Hari Utama, berharap agar FKKSPG yang merupakan wadah komunikasi antar insan perusahaan Semen Padang Group dapat semakin meningkat.

"Semoga kongres ini bermanfaat buat insan perusahaan. Baik PT Semen Pasang maupun bagi Anak Perusahaan Lembaga Penunjang (APLP) yang ada di lingkungan PT Semen Padang ," katanya.

FKKSPG, merupakan wadah komunikasi seluruh insan Semen Padang Group, dan FKKSPG mempunyai Visi menjadi forum komunikasi terdepan yang konstruktif, inovatif dan integratif dalam menghantarkan karyawan Semen Padang Group menuju SDM yang unggul dan sejahtera di lingkungan Semen Indonesia Group.

Kemudian untuk Misi FKKSPG, ada 4 poin. Pertama, menumbuh kembangkan kegiatan yang prestatif dan produktif. Seperti, pembinaan cabang-cabang olahraga, komunitas dan sosial keagamaan.

Kedua, mengoptimalkan sinergi kompetensi antar karyawan/ti Semen Padang Group. Ketiga, menciptakan iklim lingkungan kerja yang harmonis, setara dan religius. Keempat, berperan aktif sebagai agen perubahaan dalam pencapaian kinerja Semen Padang Group. (*)

Editor: Riki