Serikat Pekerja Semen Padang Gelar Donor Darah, 170 Kantong Darah Terkumpul

Ketua Umum Serikat Pekerja Semen Padang Faisal Arif (dua dari kanan) menyerahkan kantong darah dari pendonor kepada Ketua UTD PMI Kota Padang  dr. Widyarman
Ketua Umum Serikat Pekerja Semen Padang Faisal Arif (dua dari kanan) menyerahkan kantong darah dari pendonor kepada Ketua UTD PMI Kota Padang dr. Widyarman (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka memperingati milad ke-19, Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) menggelar aksi sosial donor darah di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang , Rabu (7/4/2021). Sebanyak 170 kantong darah terkumpul pada kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB tersebut.

Bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) Kota Padang, donor darah dengan tema "Darahku, Bakti Cintaku Untuk Sesama" itu, dibuka oleh Ketua Umum SPSP Faisal Arif.

baca juga: PT Semen Padang Berharap Raih Akreditasi Kearsipan A+ Tahun Ini

Pembukaan donor darah yang diikuti oleh anggota SPSP dan sejumlah karyawan/ti Semen Padang Group itu, ditandai dengan penyerahan simbolis kantong darah dari Ketua Umum SPSP Faisal Arif kepada Kepala UTD PMI Kota Padang dr. Widyarman.

Penyerahan kantong darah dari SPSP ke UTD PMI Kota Padang itu, turut disaksikan oleh Sekretaris Umum SPSP Nino Perdana dan sejumlah pengurus SPSP lainnya, termasuk Pengurus PMI Kota Padang Ramli Parna.

baca juga: Triwulan I/2021, Semen Padang Catatkan Peningkatan Ekspor Semen dan Klinker Sebesar 61 Persen

Faisal Arif mengatakan, aksi sosial donor darah ini merupakan rangkaian Milad ke-19 SPSP yang diperingati setiap tanggal 8 Maret. Donor darah ini, kata dia, rutin digelar SPSP minimal 1 kali dalam setahun.

Ia berharap, aksi donor darah ini dapat membantu PMI Kota Padang dalam memenuhi kebutuhan stok darah. "Mudah-mudahan, aksi donor darah ini dapat menjadi ladang amal bagi kita semua," kata Faisal Arif

baca juga: Peduli Bencana, Semen Padang Kirim 200 Kg Rendang ke NTT

Sekretaris Umum SPSP Nino Perdana menambahkan bahwa pada aksi sosial donor darah ini, SPSP menargetkan bisa mengumpulkan 200 kantong darah. Untuk mewujudkan target tersebut, SPSP pun menyediakan hadian berupa doorprize.

"Target kita bisa terkumpul 200 kantong darah. Untuk memotivasi agar karyawan/ti Semen Padang Group mauoun masyarakat sekitar perusahaan untuk donor, kami di SPSP juga sediakan dooprize," katanya.

baca juga: Pemprov Sumbar Bekerjasama dengan PT Semen Padang untuk Percepatan Vaksinasi Lansia

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati yang hadir pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa PT Semen Padang rutin menggelar donor darah 3-4 kali dalam setahun. Salah satunya, yang diselenggarakan SPSP.

Untuk itu, mewakili manajemen PT Semen Padang , Nur Anita menyampaikan terimakasih kepada pengurus SPSP yang telah menggelar kegiatan donor darah , apalagi selama ini PT Semen Padang selalu konsisten mendukung UTD PMI Kota Padang dalam memenuhi kebutuhan darah.

"Aksi donor darah ini merupakan bentuk kepedulian PT Semen Padang akan kebutuhan darah di PMI Kota Padang, apalagi di masa pandemi ini, kebutuhan darah di rumah sakit meningkat dan jumlah pendonor juga berkurang," katanya.

Pengurus PMI Kota Padang Ramli Parna mengucapkan terimakasih kepada SPSP dan manajemen PT Semen Padang yang selalu konsisten dan sangat peduli dengan kegiatan kemanusiaan donor darah ini, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Terimakasih SPSP dan manajemen PT Semen Padang yang konsisten mendukung kami dalam memenuhi kebutuhan daran. Semoga kegiatan baik ini mendapat kebaikan, kesehatan dan menjadi ladang amal bagi kita semua," katanya.

Ramli juga menyebut bahwa di masa pandemi Covid-19 saat ini, kebutuhan darah di rumah sakit sangat kontras dengan jumlah pendonor yang terus berkurang. Dan tentunya kondisi seperti ini, berdampak kepada ketersediaan darah di UTD PMI Kota Padang.

"Selain kondisi pandemi dan kebutuhan darah terus meningkat, sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadan. Tentunya, saat Ramadan nanti kita di PMI butuh ketersediaan darah. Jadi, donor darah dari SPSP ini akan sangat bemanfaat bagi kami untuk Ramadan nanti," ujarnya.(*)

Editor: Riki