Perkuat Sinergi BUMN, Semen Padang-Krakatau Nasional Resources Jajaki Kerjasama

Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar (paling kiri) ketika menerima kunjungan Presiden Direktur Krakatau Nasional Resources M. Noor Sudrajat (tiga dari kiri), Jumat (4/6/2021) di Workshop PT Semen Padang
Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar (paling kiri) ketika menerima kunjungan Presiden Direktur Krakatau Nasional Resources M. Noor Sudrajat (tiga dari kiri), Jumat (4/6/2021) di Workshop PT Semen Padang (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Sebagai upaya memperkuat sinergi antar BUMN , Presiden Direktur (Presdir) PT Krakatau Nasional Resources0d M. Noor Sudrajat melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Semen Padang pada Jumat (4/6/2021).

Kerjasama yang dibidik terkait pemasaran produk-produk yang diproduksi Workshop PT Semen Padang .

baca juga: UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Bantuan untuk Palestina

Kedatangan Presdir anak perusahaan PT Krakatau Steel (Persero), Tbk itu disambut Direktur Operasi PT Semen Padang , Asri Mukhtar, dan turut dihadiri Komisaris, Khairul Jasmi, Kepala Departemen Produksi Semen, Juke Ismara, dan Staf Workshop, Kiki Warlansyah.

Presiden Direktur PT Krakatau Nasional Resources M. Noor Sudrajat mengungkapkan bahwa sebelumnya sudah melakukan pembicaraan dengan Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi di Jakarta, terkait kemungkinan kerjasama .

baca juga: Komitmen Operasional Ramah Lingkungan; Semen Padang Modifikasi EP Jadi BHF di Pabrik Indarung IV

"Insya Allah kerjasama jangka panjang, karena antara semen dan besi itu sebetulnya 'gandeng'. Kalau bisa dijadikan satu proyek, itu satu paket," kata M.Noor yang didampingi stafnya, Ridha Putra.

M. Noor Sudrajat menyebut, peluang kerjasama dengan PT Semen Padang bisa dilakukan dengan menjual namun juga membeli.

baca juga: Andre Rosiade Dukung Pembenahan PT Asabri

"Ini bisa memberikan manfaat. Jadi kami bisa mensuplai dan ikut memasarkan produk-produk workshop PT Semen Padang . Itu tawaran dari kami," ulasnya.

Direktur Operasi PT Semen Padang Asri Mukhtar juga menyampaikan hal senada. "Atas nama BOD Semen Padang , kami mengucapkan terimakasih kepada Pak M.Noor. Semoga pertemuan kita kali ini bisa membuka wacana kerjasama yang lebih baik antara PT Semen Padang - PT Krakatau Nasional Resources," kata Asri.

baca juga: PT Semen Padang Kembali Meraih Sertifikat Akreditasi A Kearsipan

Asri mengatakan, tawaran kerjasama itu dapat menjadi peluang bagi PT Semen Padang untuk kerjasama yang lebih baik, terutama dalam penggunaan fasilitas-fasilitas yang belum optimal.

"Peluangnya ada. Semoga kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dan ini bisa menjadi contoh sinergi di antara BUMN , khususnya PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, dan PT Krakatau Steel (Persero), Tbk, yang merupakan holding kedua perusahaan tersebut," tambahnya.

Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi menyambut baik tawaran yang disampaikan M.Noor. "Terimakasih atas kedatangan ke PT Semen Padang ," kata Khairul.

Secara terpisah Staf Workshop PT Semen Padang Kiki Warlansyah menjelaskan, bentuk kerjasama yang dalam penjajakan di antaranya adalah melakukan proses pengadaan material, fabrikasi dan konstruksi atas orderan pekerjaan manufacture, pengadaan material direct dari Krakatau Steel ke PT Semen Padang , sehingga akan mengurangi durasi delivery time dengan tetap memperhatikan GCG.

Kiki mengatakan, saat ini ada beberapa pekerjaan orderan yang diterima oleh PT Krakatau Nasional Resources yang bisa ditindaklanjuti dengan workshop PT Semen Padang .

"Setelah pertemuan awal ini akan segera diikuti dengan pembicaraan lebih lanjut perihal kerjasama ini," kata Kiki.

Workshop PT Semen Padang merupakan salah satu unit kerja di Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen di PT Semen Padang yang didirikan pada tahun 1986.

Pada awalnya, workshop milik perusahaan semen pertama di Asia Tenggara ini memproduksi alat-alat transport seperti rubber belt conveyor, screw conveyor dan pneumatic gravity conveyor.

Namun seiring berjalannya waktu, workshop PT Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia kini bergerak di bidang manufaturing & konstruksi perlatan pabrik, overhaul motor, re-balancing dan lain sebagainya.(*)

Editor: Riki