CSR Salurkan Dana Pinjaman Tahap IV Rp 2 Miliar Lebih

Sebanyak 101 UKM di Sumbar mengikuti pembekalan di Gedung Serba Guna Semen Padang
Sebanyak 101 UKM di Sumbar mengikuti pembekalan di Gedung Serba Guna Semen Padang (Fitria / Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang melalui Biro Corporate Social Responsibility ( CSR ) menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)tahap IV tahun 2016 sebanyak Rp 2.675.000.000.

Dana miliaran rupiah itu, disalurkan kepada 101 UKM yang ada di Sumatera Barat dari berbagai sektor usaha, seperti sektor industri, sektor jasa, sektor perdagangan, sektor perikanan, sektor pertanian, sektor peternakan dan sektor lainnya.

baca juga: Kuliah di ITB, Anak Tukang Ojek di Alahan Panjang Itu Penerima Beasiswa Semen Padang

"Dana pinjaman ini diberikan kepada pelaku usaha kecil dan menegah yang ada di kabupaten/kota di Sumbar, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata staf CSR , Haria Putra usai menyalurkan dana PKBL di Gedung Serba Guna, Kamis, 22 Desember 2016.

Dana yang diterima oleh masing-masing UKM, lanjutnya, minimal Rp10 juta hingga Rp75 juta. Dana Rp10 juta dipinjamkan kepada pelaku usaha yang baru mendapatkan dana kemitraan dari CSR , sedangkan pinjaman di atas Rp10 juta, diberikan kepada pelaku usaha yang sebelumnya sudah melakukan pijaman ke CSR .

baca juga: Kementerian Koperasi dan UKM Janjikan Insentif UMKM Rp2,4 Juta, Cair Bulan Ini

"Dana pinjaman yang diberikan kepada mitra binaan langsung di transfer hari ini ke rekening masing-masing pelaku usaha," ujarnya.

Sebelum diberikan pinjaman, kata Haria, CSR Semen Padang terlebih dahulu melakukan survei ke lapangan untuk melihat jenis usaha dan prospek usaha pelaku usaha yang mengajukan pinjaman ke CSR .

baca juga: Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, Semen Padang Gelar Lomba Puisi dan Poster

"Setelah disurvei, kemudian kami lakukan evaluasi untuk menentukan apakah usaha tersebut layak diberikan modal usaha atau tidak. Jika layak, maka pelaku usaha tersebut kami panggil dan dilakukan pembekalan agar pelaku usaha bisa mengembangkan usahanya dengan baik," bebernya.

Sebelumnya, CSR Semen Padang telah menyalurkan sekitar Rp15,7 miliar dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) hingga November 2016. Untuk kemitraan atau penyaluran pinjaman, CSR telah menyalurkan dana Rp6,4 miliar dari Rp9 miliar dana yang dianggarkan. Sedangkan bina lingkungan, telah menyalurkan dana sebesar Rp9,3 miliar dari Rp12 miliar dana yang dianggarkan.(Fitria)

baca juga: Begini Gambaran UMKM di Pariaman Semenjak 2018 Hingga Pandemi

Penulis: Riki Suardi