Realisasi Anggaran Forum Nagari Padang Besi Melebihi Plafon, Ketua Forum: Terima Kasih Semen Padang

Staf CSR Semen Padang, Alfred Rusli (kiri) bersama Kepala Bidang DikkessosLH CSR Semen Padang secara simbolis menanam bibit Kakao di rumah warga di Padang Besi
Staf CSR Semen Padang, Alfred Rusli (kiri) bersama Kepala Bidang DikkessosLH CSR Semen Padang secara simbolis menanam bibit Kakao di rumah warga di Padang Besi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Forum Nagari Padang Besi, Armaigus menilai bahwa perhatian Semen Padang kepada masyarakat lingkungan, khususnya di Ring I perusahaan, sagat tinggi.

Hal itu, kata dia, menyusul meningkatnya jumlah bantuan yang direalisasikan oleh Semen Padang melalui CSR , kepada Forum Nagari Kelurahan Padang Besi.

baca juga: Jadi Binaan CSR Semen Padang, Pemilik Konveksi Tas Baceno Kini Jadi Milioner

"Tahun 2015 lalu jumlahnya tidak sampai Rp300 juta. Di tahun ini, malah melebihi plafon anggaran sebesar Rp300 juta, yaitu Rp318 juta lebih. Kami sangat berterimakasih sekali kepada Semen Padang," katanya saat ditemui di Kantor CSR , Kompleks Semen Padang, Selasa, 27 Desember 2016.

Dikatakannya, dengan bantuan ratusan juta rupiah itu, banyak program yang bisa direalisasikan Forum Nagari Padang Besi untuk masyarakat. Di antaranya, kata dia, yaitu program sekolah hijau, revitalisasi posyandu dengan sub program makanan tambahan untuk balita.

baca juga: Kiat UMKM Binaan Semen Padang Bertahan di Tengah Pandemi, Dapur Yonica Luncurkan Produk Terbaru

Kemudian, pola hidup bersih dan sehat, pelatihan kader kesehatan dan pemberian paket lebaran untuk fakir miskin, serta program Kelompok Usaha Nagari. "Untuk progam Kelompok Usaha Nagari, itu dalam jangka panjang bisa memperbaiki perekonomian masyarakat," bebernya.

Selain beberapa program tersebut, kata dia, terakhir yang direalissikan yaitu program peduli lingkungan seperti penanaman bibit Kakao di 50 rumah tangga miskin di Padang Besi yang mempunyai lahan tidur.

baca juga: Didukung Semen Padang, UMKM Rumah Dagang Berhasil Budidaya Puyuh Petelur di Tengah Pandemi

"Program penanaman bibit Kakao itu dilakukan tadi pagi, bersamaan dengan program pemerintah, yaitu penyeberan 15 ribu bibit ikan Nila dan Gurami di Sungai Padang Besi," bebernya.

Terkait program penanaman bibit Kakao, Staf CSR , Alfred Rusli, mengatakan bahwa program tersebut, diusulkan oleh Forum Nagari Padang Besi melalui proposal yang masuk ke CSR Semen Padang.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

"Kami di CSR hanya meralisasikan program yang masuk dari forum nagari . Namun sebelum direalisasikan, tentu CSR mempelajari dulu proposalnya. Kalau bermanfaat untuk masyarakat, ya pasti kami realisasikan," katanya.(*)

Penulis: Riki